Jakarta –

Honda baru saja merilis PCX 160 terbaru. Versi termahalnya lebih murah Rp 5 jutaan dibandingkan model papan atas Nmax. Yang mana yang akan Anda pilih?

Honda PCX 160 terbaru meluncur di Indonesia. Skutik berukuran besar ini hadir dengan berbagai modifikasi seperti desain. Honda telah memasukkan beberapa fitur baru sebagai daya tariknya.

Honda PCX 160 dihadirkan dalam tiga versi yakni CBS, ABS, RoadSync. RoadSync merupakan varian tertinggi dengan banderol harga Rp 40,35 juta. Dibandingkan rivalnya Yamaha Nmax, model tertinggi versi turbo, PCX 160 lebih murah sekitar Rp 5 jutaan. Diketahui Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate saat ini dijual Rp 45,405 juta. Kalau punya Rp 40 jutaan, pilih Honda PCX 160 atau Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate?

Dari segi dimensi, Yamaha Nmax Turbo memiliki panjang 1.935mm, lebar 740mm, dan tinggi 1.200mm. Sedangkan ground clearance minimumnya adalah 135 mm. Sebagai perbandingan, Honda PCX 160 memiliki panjang 1.936 mm, lebar 742 mm, dan tinggi 1.123 mm. Ground clearance minimumnya sama dengan Nmax Turbo, yakni 135mm. Jika diperhatikan, dimensi PCX 160 sedikit lebih besar namun tidak lebih tinggi dari mesin turbo Nmax

Sedangkan untuk mesinnya, Yamaha Nmax Turbo mengusung mesin Blue Core 155 cc, VVA, 4 katup SOHC, YECVT. Mesin barunya mampu menghasilkan tenaga 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Performa mesin baru pada Nmax Turbo juga dioptimalkan dengan teknologi canggih terkini bernama YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional.

Menggunakan teknologi tersebut, NMAX Turbo dilengkapi riding mode yang menawarkan 2 mode berkendara yakni T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring) yang dapat dikontrol melalui tombol ‘Mode’ di lingkar kemudi kiri depan. .

Mode T digunakan untuk perkotaan, sedangkan mode S dapat digunakan untuk perjalanan pulang pergi, menanjak, mengendarai mobil, dan menyalip kendaraan lain. Berdasarkan pengujian internal Yamaha, spek turbo ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 meter dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya membutuhkan waktu 7,43 detik.

Di atas kertas, PCX 160 punya ruang mesin lebih luas. Honda percaya diri dengan mesin SOHC 157 cc eSP+, 4 katup, 1 silinder, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,8 kW pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm pada 6.500 rpm. PCX 160 tidak memiliki fitur turbo karena dibangun di Nmax.Fitur

Dari segi fitur, Yamaha NMAX ‘Turbo’ Tech Max meliputi Y-Connect, power outlet USB Type C, Smart Key System, YECVT, Dual Channel ABS, Multi Information Display, TFT Special Navigation System dan jok khusus Techmax. Ada pula komponen khusus bernama Performance Damper yang berfungsi meningkatkan kestabilan dan handling berkendara.

Honda PCX 160 juga dikemas dengan fitur. Misalnya saja Honda yang memasang charger USB Type-C, kontrol traksi HSTC (Honda Selectable Torque Control), layar meter panel TFT berukuran 5 inci, dengan dua mode, siang dan malam. Lalu ada saklar pass beam di lingkar kemudi. Ada pula fitur Honda RoadSync yang mencakup fungsi navigasi, musik, telepon, pesan, dan perintah suara. Tonton video “Review Honda New PCX 160: Tampilan Lebih Keren, Fitur Lebih Canggih!” (kering/kering)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *