Jakarta –
Berbagai inovasi teknologi dan program yang diperkenalkan oleh perusahaan e-commerce terus membantu memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan lancar.
Pada tahun 2024 saja, Tokopedia Tokopedia, Pelaku e-commerce Indonesia seperti Lazada dan TikTok Shop akan terus menjalankan kampanye dan penawaran menarik sebagai strategi untuk menjaring pelanggan baru. Namun mempertahankan pelanggan yang puas dan setia memerlukan pendekatan yang lebih komprehensif.
Ipsos mengungkapkan aspek-aspek yang dianggap penting oleh perusahaan belanja online dan e-commerce dalam menentukan tingkat kepuasannya, yaitu memiliki strategi yang tepat dan konsisten. Kami berharap hasil yang disajikan dapat membantu masyarakat menyambut festival belanja online akhir tahun dengan pengalaman belanja komprehensif terbaik dengan e-commerce.
Jadi, platform e-commerce manakah yang dipilih orang? Aspek yang dianggap responden berpengaruh dan penting dalam menentukan tingkat kepuasan belanja online mereka.
Menurut studi terbaru yang dilakukan Ipsos Indonesia, konsumen menilai Shopee sebagai platform e-commerce paling puas dalam memberikan pengalaman belanja online. Studi Ipsos yang dilakukan pada Juni 2024 bertajuk “Pengalaman Belanja Online dan Kepuasan di Barang Elektronik” menemukan bahwa Shopee memberikan tingkat kepuasan tertinggi terhadap pengalaman belanja online.
Keunggulan Shopee juga didukung oleh data. Shopee (62%) menjadi pilihan pertama konsumen dalam merekomendasikan kerabat dekat. disusul Tokopedia (46%); Toko TikTok (42%) dan Lazada (36%). Indikator lainnya antara lain
Merupakan platform e-commerce yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam berbelanja online. Keamanan dan kenyamanan merupakan salah satu aspek yang dianggap penting oleh responden ketika membeli secara online tanpa harus bertemu langsung.
Menawarkan beragam layanan pengiriman yang dapat dipilih konsumen merupakan standar yang memberikan stabilitas dan kenyamanan saat berbelanja. Dari segi beragam pilihan layanan pengiriman, Shopee (66%) merupakan penyedia e-commerce terbaik dengan pilihan layanan pengiriman terlengkap. disusul Tokopedia (16%); Lazada (10%) dan TikTok. belanja (7%).
Keamanan dan kenyamanan yang dapat diberikan oleh platform e-commerce juga dievaluasi dengan metode pembayaran yang berbeda. Lebih dari separuh responden menyatakan Shopee (64%) adalah platform e-commerce terbaik dengan pilihan metode pembayaran terluas. diikuti oleh Tokopedia (15%), Lazada (11%) dan Toko TikTok (8%).
Andi Sukma, Managing Director Ipsos Indonesia, mengatakan metode pembayaran Cash on Delivery (COD) semakin banyak digunakan dan mendapat perhatian paling besar dari responden. Karena itu, Shopee (66%) merupakan platform e-commerce yang paling puas menggunakan metode pembayaran COD. Disusul Tokopedia & Lazada (12%) dan TikTok Shop (10%). Dalam studi IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024, Shopee menemukan banyak aspek keamanan dan kenyamanan lainnya dalam belanja online.
Dengan cepat Pengalaman berbelanja tidak lengkap tanpa pengiriman yang aman dan proses pengembalian yang mudah. Dalam hal kecepatan pengiriman, Shopee (60%) dinilai sebagai aplikasi belanja online atau e-commerce terbaik; diikuti oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan Toko TikTok (9%).
Pencapaian tersebut juga didukung oleh program “Jaminan Tepat Waktu” yang merupakan wujud komitmen Shopee dalam memberikan jaminan waktu pengiriman kepada pelanggan. Keefektifan program ini juga dibuktikan dalam siaran pers IPSOS Research yang menunjukkan bahwa program Jaminan Tepat Waktu Shopee paling banyak dikenal oleh 71% responden dan jauh mengungguli program serupa di platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43 %). , Lazada (37%) dan Toko TikTok (27%).
Platform e-commerce dengan fitur belanja online interaktif terbaik mengubah cara orang berbelanja dan meningkatkan permintaan untuk belanja langsung dan berbelanja melalui video pendek dengan kemajuan teknologi yang menambah nilai bagi para pemain e-commerce. 63% responden IPSOS menilai Shopee sebagai salah satu situs e-commerce yang menawarkan layanan streaming terbaik, diikuti oleh TikTok Shop (17%). Tokopedia (10%) dan Lazada (9%).
Selain itu, Di direktori e-niaga dengan video pendek paling menarik; Shopee dengan margin besar sebesar 61%, TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%) memimpin.
“Masyarakat lebih puas jika berbelanja melalui platform e-commerce yang menawarkan beragam toko resmi dan produk lengkap untuk memenuhi beragam kebutuhan masyarakat,” kata Andy dalam laporan Ipsos, Kamis. /2024.10).
Juga dalam metrik ini, Shopee mengungguli pesaingnya Tokopedia (15%); Berbagai toko resmi menjadi yang terbaik sebesar 68% dibandingkan dengan Lazada (9%) dan TikTok Shop (7%).
Jelas terlihat bahwa perusahaan e-commerce bersaing dengan inovasi teknologi dan program untuk menarik orang. Namun ada satu hal yang membuat semua orang senang dengan pengalaman belanja online mereka.
“Aspek-aspek penting yang dapat dipuaskan oleh shopee menjadikan shopee unggul sebagai pilihan utama untuk menciptakan pengalaman belanja online yang benar-benar dapat diandalkan bagi konsumen indonesia. Strategi ekosistem yang dihadirkan shopee untuk memuaskan masyarakat menunjukkan bahwa pihaknya siap menghadapi volume transaksi yang tinggi. festival belanja akhir tahun,” ujarnya.
Meningkatnya minat belanja online membuka peluang besar bagi platform e-commerce untuk meningkatkan kepuasan konsumen. E-commerce masih dianggap sebagai tempat yang baik untuk berinvestasi untuk pemasaran penjual dan pertumbuhan yang berkelanjutan. (bunuh / bunuh)