Jakarta –

Dalam dua tahun terakhir, aset PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) meningkat signifikan sebesar 34,48% dari Rp 2,8 triliun menjadi Rp 11,05 triliun pada akhir tahun 2023. Sekretaris Perusahaan ASDP Indonesia Ferry, Shelvi Arifin menjelaskan, aset tersebut dihasilkan dalam kurun waktu 2 tahun, dan aset ASDP yang tercatat di laporan keuangan hanya Rp 8,22 triliun per 31 Desember 2021. “Pada tahun 2019, ASDP mengoperasikan 167 kapal angkatan laut dan saat ini pada Juli 2024 sudah memiliki 220 kapal angkatan laut. Shelvey dalam keterangannya, Selasa (3/9/2024) mengatakan operator tersebut menjadikan armada penyeberangan terbesar di Indonesia dengan 311 rute. Sementara itu, komitmen ASDP juga meningkat dari Rp1,31 triliun pada tahun 2023 menjadi Rp2,67 triliun pada Desember 2023.

Sedangkan laba bersih yang diatribusikan kepada induk perusahaan ASDP Indonesia Ferry melonjak 88,49% menjadi Rp613,45 miliar pada Desember 2021 dari Rp325,45 miliar.

Shelvi Arifin menjelaskan peningkatan kinerja keuangan perseroan merupakan hasil penerapan strategi efisiensi dan perbaikan operasional yang dilakukan manajemen. “Kami melihat tren positif pada kinerja keuangan sebagai hasil komitmen kami untuk terus meningkatkan operasional layanan sehingga perusahaan dapat melayani kepentingan masyarakat,” kata Shelvey. ASDP saat ini melayani sekitar 290 rute di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 70% merupakan jalur transportasi primer yang menghubungkan wilayah maju, terpencil, terpencil dan terdepan (3TP) serta memfasilitasi pergerakan penumpang dan barang untuk memperluas konektivitas di wilayah tersebut. 30% sisanya merupakan jalur komersil yang mendukung jalur andalan. Dengan berbagai cara tersebut, ASDP semakin memantapkan posisinya sebagai perusahaan besar di bisnis transportasi dengan berbagai inovasinya, Shilvi juga menegaskan bahwa inovasi digital ASDP menjadi kunci peningkatan efisiensi dan produktivitas perusahaan. . “Transformasi digital, termasuk sistem tiket online dan manajemen operasional berbasis teknologi, telah membantu meningkatkan efisiensi dan meningkatkan layanan,” jelasnya. Pencapaian ini membuktikan bahwa strategi peningkatan pelayanan dan operasional berhasil. “Kami akan terus berupaya mempertahankan dan meningkatkan kinerja keuangan serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna layanan.” Dengan berbagai pencapaian finansial dan operasional tersebut, ASDP telah menunjukkan komitmennya untuk terus tumbuh dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian nasional di masa depan. (rd/rir)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *