Jakarta –
Teknologi kecerdasan buatan (AI) sedang menjadi isu akhir-akhir ini. Bahkan, dapat meningkatkan interaksi antara perusahaan dan pelanggan.
Kecerdasan buatan generatif atau AI generatif adalah jenis AI yang memungkinkan pembuatan konten baru, termasuk percakapan, cerita, gambar, video, dan musik.
Seperti dilansir Google Cloud, AI generatif didukung oleh model dasar (model AI besar) yang dapat melakukan banyak tugas sekaligus dan melakukan tugas langsung, termasuk meringkas, tanya jawab, klasifikasi, dll. Selain itu, dengan beberapa pelatihan, model dasar dapat digunakan untuk kasus penggunaan yang ditargetkan dapat diadaptasi dengan data sampel yang sangat sedikit.
Cara kerja AI generatif adalah menggunakan model pembelajaran mesin untuk mempelajari pola dan hubungan dalam kumpulan data yang terdiri dari konten buatan manusia. Sistem kemudian menggunakan pola yang dipelajari untuk membuat konten baru.
Manfaat AI generatif dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan interaksi pelanggan melalui obrolan dan pengalaman pencarian yang lebih baik. Kemudian jelajahi sejumlah besar data terstruktur melalui antarmuka percakapan dan ringkasan.
Juga untuk mendukung kinerja tugas yang berulang, seperti: Misalnya, menanggapi permintaan penawaran, menemukan konten pemasaran, memantau kepatuhan pelanggan, dan lain-lain.
President Indonesia Customer Experience Professional (ICXP) Sri Safitri mengajak kita untuk menggunakan AI generatif yang dapat meningkatkan interaksi dengan bisnis dan konsumen.
Mari kita gunakan AI generatif secara bijak, bertanggung jawab, dan dengan komitmen besar untuk menghadirkan dan meningkatkan pengalaman pelanggan di Indonesia. Kita juga harus menyadari pentingnya integrasi teknologi dalam menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik, kata Sri dalam keterangan tertulis, Kamis (3 /7 /2024).
Menurutnya, AI generatif merupakan salah satu jenis kecerdasan buatan yang mampu menghasilkan atau menciptakan sesuatu yang baru. Hal ini dapat lebih optimal meningkatkan customer experience (CX) sesuai bisnis yang dijalankan suatu perusahaan.
Kematangan AI generatif diperluas oleh ICXP melalui CX Summit, yang menyoroti peran penting kepemimpinan dalam mencapai kepuasan pelanggan yang luar biasa.
“Ini merupakan wadah bagi para profesional CX tanah air untuk berbagi ilmu dan pengalaman serta menjadi garda terdepan dalam menjawab tantangan global di era transformasi digital,” lanjut Sri.
Beberapa topik diskusi yang dibahas adalah “How to Improve Your CX Program in 2024,” “State of Customer Experience (CX) in 2024,” dan “The Complete Guide to Be a CX Leader – Effective Approaches and Best Practices for Success.”
Kesuksesan NXT CX Summit ke-9 juga mencerminkan pesatnya pertumbuhan komunitas CX di Indonesia. Semakin banyak profesional dan perusahaan yang menyadari bahwa menciptakan pengalaman pelanggan kelas dunia bukan lagi sebuah pilihan melainkan sebuah keharusan untuk memenangkan persaingan bisnis. IČP sendiri saat ini memiliki lebih dari 800 anggota. ICXP juga bekerja sama dengan perusahaan dan vendor untuk memberikan pengalaman pelanggan kelas dunia di Indonesia. Tonton video “Kekhawatiran Sekretaris Jenderal PBB Tentang Penyalahgunaan AI” (agt/fay)