Jakarta –

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah memperkenalkan beberapa pembaruan pada suspensi baru Yamaha NMax. Lalu apa bedanya dalam mengemudi?

Baru-baru ini redaksi detikAuto menjajal Yamaha NMax Neo S selama empat hari penggunaan normal. Sebagai penulis dan tester, saya sering menggunakan sepeda motor ini melewati banyak kota, pemukiman sepi, dan daerah berbatu di luar Jakarta.

Terakhir, suspensi baru pada Yamaha NMax baru memberikan pengendaraan yang nyaman dan mudah. Bagaimana ini mungkin?

Yamaha mengendarai sepedanya sedikit di belakang. Sebab, suspensi belakang Yamaha NMax baru mengalami peningkatan sekitar 10-11 mm dibandingkan model generasi kedua. Selain itu, jarak bermain dan izin lapangan juga telah sedikit diubah.

“Kalau mau menambah gerak roda, maka guncangannya akan lebih lama. Jarak berkendara, pergerakan roda. Jumlah oli (shock) tetap sama. Beda dengan pegas. Pegasnya dibuat lunak , betul, K1 gap 1, 2 sana,” ucapnya.

Sementara itu, ubahan suspensi depan terbilang minim. Produsen tidak terlalu memperhatikan pembersihan benang.

Selama pengujian, saya bisa merasakan perubahan pada suspensi belakang. Bagian-bagian ini tidak dapat ditarik kembali dengan cepat atau mudah menempel. Ayunannya terasa cukup empuk untuk digunakan sehari-hari.

Mengubah suspensi belakang dapat menimbulkan satu efek, sehingga menyulitkan pengendara bertubuh pendek. Karena tinggi saya 170 cm dan terlalu kecil untuk duduk di Yamaha NMax baru.

Meski empuk, suspensinya tidak mengubah kestabilan dan kelincahan NMax saat menikung dengan kecepatan berbeda. Sebaliknya, ia cukup fleksibel dan agresif untuk menjangkau tikungan tajam.

Sejujurnya, kami tidak melihat adanya perbedaan pada nuansa suspensi depan. Hanya saja perilakunya terkadang sulit. Mungkin ini cara Yamaha agar motor barunya tidak mudah terjatuh di jalanan kasar. Perbedaan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX lama: Lebih baik beli baru atau tunggu saja? (sfn/rgr)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *