Jakarta –

Thailand telah mengumumkan kasus pertama yang dikonfirmasi dari strain Mpox Clade 1b yang mematikan. Ini merupakan event pertama di Asia dan kedua di luar negara Afrika.

Menurut Departemen Pengendalian Penyakit di Thailand, pria Eropa berusia 66 tahun yang terinfeksi itu tiba di Bangkok dari negara Afrika yang tidak diketahui identitasnya pada 14 Agustus.

Keesokan harinya dia menunjukkan gejala dan dilarikan ke rumah sakit. Telah dipastikan terjadi di Mpok, khususnya tipe yang dikenal sebagai Clade 1b.

Departemen Pengendalian Penyakit Thailand telah mengidentifikasi 43 pasien yang duduk di kereta pria tersebut dan mereka yang bertemu dengannya ketika dia turun. Semua akan dipantau selama 21 hari.

Pemerintah Thailand juga mewajibkan orang-orang yang bepergian dari 42 “negara berbahaya” untuk menjalani pemeriksaan pada saat kedatangan.

Tipe baru Clade 1b, yang menyebar di Afrika Tengah, lebih umum terjadi dibandingkan tipe sebelumnya – empat dari 100 kasus menyebabkan kematian. Mpox ditemukan terutama di hutan tropis Afrika Barat dan Tengah, dan ribuan infeksi dilaporkan setiap tahunnya.

Mpox ditularkan melalui kontak dekat, seperti hubungan seks, kontak kulit ke kulit, dan berbicara atau bernapas pada orang lain. Namun penyakit ini tidak menular seperti COVID-19 dan campak.

Penyebaran varian baru Clade 1b dan tingginya angka kematian di beberapa wilayah Afrika membuat para ilmuwan khawatir. Selain itu, hal ini menyebabkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan darurat kesehatan global.

Tonton juga video ‘WHO: Cacar Monyet Bukan Covid Baru’:

(sc/atas)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *