Jakarta –

Keinginan untuk tetap awet muda menjadi dambaan banyak orang, khususnya kaum hawa. Berbagai metode estetika, seperti filler, Botox, dan facelift dipilih sebagian orang untuk menjaga penampilan sesuai usia. Namun, penemuan baru oleh seorang profesor di Harvard Medical School menawarkan perspektif baru tentang kemungkinan alternatif.

Profesor Sekolah Kedokteran Harvard David A Sinclair menemukan bahwa Nicotinamide Mononucleotide (NMN), senyawa alami, berperan penting dalam tubuh manusia. NMN bertindak sebagai pendahulu produksi nikotinamida adenin dinukleotida (NAD+), molekul kunci yang mendukung fungsi sel dan perbaikan DNA.

NAD+ bertindak sebagai enzim redoks metabolik yang dapat membantu sel menghasilkan energi dan memperbaiki kerusakan DNA akibat penuaan dan faktor eksternal seperti radikal bebas. Dengan demikian, NAD+ membantu mengontrol sel-sel yang rusak dan mati, mempercepat regenerasi sel-sel baru, dan pada akhirnya berpotensi memperlambat proses penuaan.

“NMN merupakan salah satu penemuan anti penuaan paling menarik dalam beberapa dekade terakhir. NMN membantu meningkatkan kadar NAD+, senyawa penting yang terlibat dalam banyak fungsi vital dalam tubuh,” jelasnya.

Kabar baiknya, NMN berencana hadir di Indonesia.

“Kami percaya kehadirannya di Indonesia dapat membantu masyarakat menjadi lebih sehat, energik, dan awet muda,” kata Heru Cakra, CEO PT Momen Global Internasional.

Meskipun hasil yang menjanjikan telah terlihat pada hewan, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan efektivitasnya pada manusia.

Selain NMN, masih banyak cara alami yang bisa dilakukan agar wajah tetap awet muda dan kencang, seperti menerapkan pola hidup sehat dan beberapa tips yang disarankan David di bawah ini.1. Tidur nyenyak

David menyarankan untuk tidur setidaknya enam jam setiap malam. Ia juga menggunakan tempat tidur yang dapat menyesuaikan suhu tubuhnya agar tidurnya lebih nyenyak2. Latihan fisik

David tidak berlatih setiap hari, tapi dia mencoba angkat beban tiga kali seminggu. Jika dia tidak berlari, dia memilih berjalan3. Kurangi asupan gula Anda

David menghindari konsumsi gula, daging merah, produk susu, dan alkohol secara berlebihan. Meski sesekali ia masih meminum alkohol di sebuah pesta, tak bisa dipungkiri bahwa segelas sehari juga berdampak pada sel otak.

“Hal ini membuat perbedaan besar pada biomarker darah dan usia epigenetik saya. Hanya dalam beberapa bulan, saya dapat menurunkan usia biologis saya dengan pola makan yang lebih baik,” kata David.4. Pola makan yang sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga terbukti mengurangi usia biologis David hingga berbulan-bulan. Dia juga minum banyak air dan teh panas sepanjang hari. Simak video “Tips Dokter Kulit Mencegah Penuaan Dini” (naf/naf)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *