Jakarta –

Read More : Sidak Gudang Barang Impor di Serang, Zulhas Ancam Cabut Izin Importir Nakal

Bagi sebagian masyarakat, sepeda motor sudah menjadi moda transportasi utama untuk beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, menjaga sepeda motor dalam kondisi baik perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan pengendara.

Getaran ban sepeda motor merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi pengendara sepeda motor. Ban sepeda motor yang bergetar dapat menyebabkan sepeda motor oleng sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman saat berkendara bahkan membahayakan pengendaranya.

Biasanya ban mesin yang bergetar adalah ban depan. Jika Ban Motor Detikers Bergetar dan Motor selip, Berikut Beberapa Faktor Penyebab Ban Motor selip

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ban sepeda motor oleng, antara lain sebagai berikut. Ban sepeda motor dipasang tidak merata

Getaran ban sepeda motor bisa disebabkan oleh pemasangan ban yang salah. Jika pemasangan roda atau pelek salah, ban sepeda motor bisa bengkok saat dikendarai.

Jika Anda baru saja mengganti ban dan ban mulai goyang, Anda harus membawa sepeda motor Anda ke bengkel untuk diselaraskan kembali.2. Kondisi Pelek Tidak Rata

Jika pemasangan ban sudah tepat, namun ban tidak lurus, hal ini juga dapat menyebabkan sepeda motor terguling. Misalnya cincinnya retak atau bengkok.

Menurut Rim Doctor, ada beberapa penyebab ban rusak, antara lain terlalu sering berkendara di jalan kasar, debu rem, hingga ban terbentur tembok atau batu.

Jika ring sudah cukup rusak, lebih baik diganti dengan ring yang baru.3. Tekanan peredam kejut tidak seimbang

Mengutip Monroe Shock Absorbers, shock absorber atau peredam kejut adalah bagian dari kendaraan (motor atau mobil) yang tugasnya meredam guncangan atau benturan akibat suspensi kendaraan. Peredam kejut bertugas untuk meredam guncangan dan gaya mundur yang bekerja pada kendaraan saat kendaraan melaju di jalan berbatu yang tidak rata.

Selain itu, peredam kejut juga berperan untuk memastikan roda mobil tetap bersentuhan dengan permukaan tanah dalam kondisi apapun. Sehingga mobil dapat dikendalikan dan direm dengan baik.

Shockbreaker yang tidak seimbang dapat menyebabkan roda sepeda motor anda menjadi 4. Tekanan ban tidak tepat

Mengutip Cycle World, tekanan ban juga menjadi faktor penting dalam ketahanan sepeda motor. Tekanan udara di dalam ban mengontrol besar kecilnya tapak ban.

Tekanan udara yang terlalu tinggi akan mengurangi bidang kontak ban sehingga dapat mempengaruhi keseimbangan ban.

Setiap sepeda motor dirancang dengan tekanan ban tertentu, jadi pastikan tekanan ban tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah.5. Bearing sepeda motor sudah aus

Menurut NSK Global, bearing merupakan komponen mesin yang berfungsi meredam gaya gesek pada berbagai bagian sepeda motor, termasuk roda. Mesin sepeda motor juga bergantung pada bantalan untuk menyalurkan tenaga ke roda.

Bantalan yang berfungsi dengan baik akan memberikan pengalaman berkendara dengan gesekan dan guncangan yang minimal. Jika bantalan rusak atau aus, motor bisa menjadi tidak stabil, sehingga bisa goyah. Kondisi Ban Min

Ban kempes atau terbakar dapat membuat mesin menjadi tidak stabil. Hal ini dapat dengan mudah diatasi dengan memompa ban.

Namun kondisi ban bisa menjadi lebih buruk lagi, misalnya lapisan luarnya menjadi lebih tipis, gundul, bahkan benang bagian dalam ban pun terlihat. Jika hal ini terjadi, Anda perlu menggantinya dengan ban baru.

Selain itu, ukuran ban yang tidak sesuai dengan spesifikasi sepeda motor juga dapat menyebabkan ban bergetar atau goyang.7. Masalah oli garpu depan

Mengutip Motofomo, garpu sepeda motor merupakan komponen suspensi pada bagian depan sepeda motor yang menghubungkan roda dengan poros. Garpu sepeda motor berfungsi memaksimalkan bidang kontak ban dengan tanah dalam berbagai kondisi, seperti pengereman, menikung, akselerasi, dan melewati jalan kasar.

Oli garpu diperlukan untuk mencegah sepeda motor bergetar. Dengan demikian, garpu berperan sebagai peredam kejut atau shock breker.

Mengutip Partzilla, oli garpu juga menentukan seberapa baik atau buruknya garpu dalam meredam guncangan. Jika oli yang digunakan terlalu sedikit, ban depan bisa bergetar karena peredam kejut tidak meredam dengan baik.

Sebaliknya, jika oli yang digunakan terlalu banyak, oli akan kesulitan melewati lubang-lubang kecil pada garpu dan mengguncang sepeda motor lebih keras.

Berikut beberapa penyebab roda depan sepeda motor bergetar atau oleng. Jika Anda merasa roda depan Anda mulai selip, Anda harus segera mencari penyebabnya dan segera menghilangkannya agar Anda bisa berkendara dengan aman. Tonton video “Sepeda motor terlihat tersangkut di atap rumah warga di Balikpapan” (fds/fds)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *