JAKART –

PT Kreta API Indonesia (Persero) atau Kai mendaftarkan 1.310.708 tiket kereta jarak jauh atau 38,06% dijual dari 3.443.832 tiket yang dikirimkan pada perjalanan kereta selama periode transportasi Lebaran 2024 dari 21 Mars-April 2025 (22 hari).

“Angka ini menunjukkan tingginya permintaan publik dalam perjalanan kereta selama musim pesan Lebaran,” kata Wakil Presiden Kai Anne Purba PR dalam pernyataan tertulis Rabu (2/26/2025).

Anne mengatakan ada total 48.837 perjalanan kereta api dalam penggemar sosial yang tinggi untuk penggunaan layanan kereta api untuk Lebaran 1446 H. Kai Homecoming dan anak perusahaan.

Kai juga menyiapkan 3.464 fasilitas kereta api, peningkatan dari tahun sebelumnya 3.425 unit. “Peningkatan ini mencerminkan kewajiban Kai untuk memperkuat layanan Lebaran dan kapasitas transportasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Dari total fasilitas, jumlah mobil meningkat untuk beroperasi dari 472 unit pada tahun 2024 menjadi 474 unit pada tahun 2025. Jumlah kereta juga meningkat, dari 1.872 unit pada tahun 2024 menjadi 1.972 unit pada tahun 2025.

Selain itu, Jabodebek meningkatkan fasilitas LRT dari 22 kereta pada tahun 2024 menjadi 25 kereta pada tahun 2025, mendukung mobilitas publik selama periode Lebaran.

Selain jumlah perjalanan reguler, Kai menambahkan 1.080 perjalanan kereta tambahan selama periode transportasi Lebaran 1446 t. Kereta tambahan ini mencakup berbagai kelas layanan, termasuk kereta prioritas Java yang menawarkan pengalaman perjalanan mewah di PP Gambir-Yogyakarta.

Anne menjelaskan bahwa pelanggan dapat memesan tiket kereta jarak jauh dari H-45 sebelum keberangkatan, dan kereta api lokal dapat dipesan dari H-30, dan sejumlah layanan lain tersedia H-7 sebelum keberangkatan. Kai menyarankan pelanggan untuk segera merencanakan perjalanan untuk mendapatkan tiket sesuai dengan rencana yang diinginkan.

Pelanggan dapat memesan tiket melalui akses dari aplikasi Kai dan situs web Kai.id. Untuk akses dan informasi lebih lanjut, pelanggan dapat menghubungi KAI 121 Contact Center dengan Telepon 121/(021) 121, WhatsApp 0811-1211-1121, e-mailcs@kai.id, atau melalui media sosial resmi Kai.

“Untuk pelanggan yang tidak menerima tiket pada hari keberangkatan yang diinginkan, Kai merekomendasikan opsi lain untuk memilih tanggal atau menggunakan layanan kereta api tertaut untuk mencapai tujuan akhir dari rute alternatif yang tersedia. Dengan fleksibilitas ini, pelanggan memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan tiket,” jelas Anne. (ARA)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *