Jakarta –

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) menyelenggarakan acara ‘MisME People’s Party for Indonesia’ bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin). Pameran yang digelar satu hari di Auditorium Jakarta Convention Center (JCC) ini juga diikuti oleh 1.250 UMKM hasil kolaborasi Sampoerna dan KADIN serta industri Indonesia.

Acara ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto yang juga didampingi Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM), Teten Masduki; Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia, Arsjad Rashid; dan CEO Sampoerna, Ivan Cahyadi.

“Pesta Rakyat UMKM Untuk Indonesia” terdiri dari berbagai sesi diskusi, workshop dan pameran bagi UMKM yang diharapkan dapat menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis, berjejaring dan bertukar informasi serta meningkatkan akses pasar ke pasar global. . Ini juga merupakan rangkaian acara memperingati HUT Sampoerna ke-111.

Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah menyadari pentingnya pelatihan dan pendampingan kepada UMKM agar bisa mengekspor.

“Kami terus mendorong perusahaan menengah dan besar untuk melakukan berbagai program kolaborasi dengan UMKM. Sektor swasta berperan penting karena tidak hanya berperan sebagai pembeli, tetapi juga dapat membantu membangun rantai nilai yang berkelanjutan, termasuk membangun UMKM yang berorientasi pasar ekspor dan berdaya saing global.” kata Airlangga, Senin (22/7).

Menurutnya, kolaborasi inklusif berbagai pemangku kepentingan, termasuk Sampoerna dan KADIN Indonesia bersama Satgas Pertumbuhan Ekspor Nasional, juga berkontribusi terhadap peningkatan kapasitas UMKM dalam negeri.

Inisiatif yang diluncurkan hari ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kinerja ekspor dalam negeri untuk memperkuat neraca perdagangan dan mendorong pertumbuhan ekonomi, termasuk melalui pengembangan dan perluasan ekspor UKM. Kolaborasi ini juga diharapkan dapat mendorong kemajuan perekonomian nasional yang berpotensi menimbulkan multiplier effect bagi masyarakat luas.

Kolaborasi yang mengedepankan model multi-helix di antara seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung kapasitas ekspor UKM Indonesia ini juga mendapat apresiasi dari Kementerian Koperasi dan UKM.

“Saya mengucapkan terima kasih atas inisiatif kerjasama antara Sampoerna, KADIN dan JETRO. Ekspor UMKM harus selalu kita dorong meski tidak mudah. ​​Oleh karena itu, diperlukan agregasi dan kemitraan untuk membantu UMKM menembus pasar global,” kata Menteri Koperasi. . dan UKM, Teten Masduki.

Presiden Kadin Indonesia Arsjad Rashid mengatakan program ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah UMKM siap ekspor dan memperluas jangkauan ke negara-negara potensial dan tujuan ekspor lainnya.

Ia mengatakan, peran dan kontribusi UMKM sangat penting dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 8%. Tumbuhnya UKM yang berorientasi ekspor juga memperkuat fondasi perekonomian nasional.

“Kolaborasi hari ini dengan Sampoerna di Indonesia SME People’s Festival merupakan wujud nyata kerja sama dan sinergi yang patut semakin diperkuat untuk mengembangkan kapasitas UKM dalam negeri agar mampu bersaing di kancah global dan berorientasi ekspor,” jelasnya.

“Kadin Indonesia juga memperkenalkan inisiatif AyoBerkadin untuk UMKM. Melalui program ini, UMKM diajak bergabung bersama Kadin untuk edukasi, peningkatan kapasitas, pendampingan bisnis, networking serta kesempatan mengikuti pameran MIME nasional dan internasional”, dia menambahkan.

Sementara itu, CEO Sampoerna Ivan Cahyadi mengatakan kerja sama dan sinergi menjadi kunci penting agar UMKM dapat berkembang lebih cepat dan terarah.

“Dalam pengembangan UMKM, Sampoerna mengedepankan kolaborasi model multi-helix dengan menciptakan kemitraan inklusif dengan pemerintah, organisasi dunia usaha, akademisi dan universitas, pihak swasta dan tentunya media serta pihak-pihak berkepentingan lainnya. sangat berterima kasih atas kerjasama yang telah terjalin bersama “Kadin Indonesia pada Festival Rakyat UKM,” ujarnya.

Sampoerna senantiasa berupaya memenuhi komitmennya untuk memajukan dan mendampingi UMKM agar dapat terus naik peringkat bahkan berekspansi ke pasar global. Melalui program keberlanjutan ‘Sampoerna untuk Indonesia’, Sampoerna memiliki dua program andalan untuk memberdayakan UMKM, yaitu Sampoerna Retail Community (SRC) untuk supermarket dan Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) yang telah melatih lebih dari 320.000 UMKM dari seluruh dunia. . dunia tentang Indonesia.

Klik pada halaman selanjutnya >>>

(ncm/ega)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *