Jakarta –
Secanggih apapun pabrik Hyundai di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat, tetap membutuhkan tangan-tangan terampil dan pengawasan tajam terhadap perempuan.
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengundang rombongan media mengunjungi fasilitas Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) di Delta Mas, Cikarang, Jawa Barat pada Rabu (11/6/2024).
HMMI mempunyai bengkel press, bengkel lembaran logam, bengkel cat, bengkel mesin dan perakitan.
Saat tim media mengunjungi fasilitas pabrik HMMI, Hyundai melarang kami mengambil gambar, baik dalam bentuk foto maupun video, sehingga kami tidak bisa menampilkannya kepada pembaca dalam bentuk visual.
Awalnya kami diundang ke ruang pers. Proses pembuatan ini disebut juga stamping, dimana berbagai jenis panel dibuat menggunakan alat cetak yang disebut cetakan, yang mengubah lembaran besi menjadi bentuk jadi.
Kemudian kami diajak ke toko timah. Pada tahap awal, lembaran besi akan dipotong menjadi berbagai bentuk, proses ini disebut dengan penempaan.
Lembaran yang sudah jadi akan dibawa ke tahap selanjutnya yaitu stamping. Pada proses ini, lembaran yang telah melewati tahap pencetakan akan melewati beberapa alat pencetakan: Drawing: membentuk lembaran kosong hingga membentuk profil tertentu: memotong bahan berlebih dari proses drawing, panel yang akan digunakan untuk merakit lebih banyak potongan. . . Flange: untuk membuat titik pengelasan selama pelipatan dan pembentukan akhir panel.
Pada area ini bodywork dibuat dengan dimensi yang presisi dan seragam kemudian dirangkai menjadi satu kesatuan bodi, seperti lantai mobil, bodi samping atau sub rakitan seperti struktur kiri dan kanan serta atap mobil. Berikut tahapan penyambungan panel-panel yang diaplikasikan pada area bodi: rakitan alas (depan, tengah, dan belakang), bagian bawah (seperempat bagian dalam atau bagian belakang mobil dan tulangan samping bodi) Pada baris ini, lantai depan , tengah dan belakang dirakit, dan komponen yang penting adalah, seperti mesin, transmisi, suspensi dan jok yang nantinya akan dirakit, yaitu struktur samping di dalam garis dan panel luar. di mana mereka dipasang. . Struktur samping ini meliputi pintu depan, pintu belakang dan lapisan dalam, pada jalur ini dilakukan perakitan lantai, samping, kap mesin dan atap, sebelum keseluruhan struktur bodi dikirim ke area berikutnya yaitu bengkel pengecatan.
Teknologi yang digunakan pada fasilitas bodywork ini sangat canggih, mencakup sekitar 409 robot yang membantu proses perakitan mobil dari lembaran logam hingga menjadi bentuk utuh.
Menariknya, gedung tersebut ber-AC untuk menambah kenyamanan para pekerja.
Diketahui, pabrik Hyundai baru akan mulai beroperasi pada awal tahun 2022. Sementara kapasitas produksinya diperkirakan mencapai 150 ribu unit per tahun dan bisa ditingkatkan hingga 250.000 unit.
Kemudian pergi ke toko perakitan dan pasang komponennya. Terdiri dari beberapa bagian yaitu Trim Line yaitu area kabin dan pemasangan cover. Pada tahap ini tenaga ahli dibekali dengan kursi portable yang akan memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi tenaga ahli untuk bekerja sambil duduk tanpa menggunakan chasis yaitu ruang untuk memasang mesin, girboks, dan suspensi. Area ini berdekatan atau berhubungan dengan area Engine Assembling atau Engine Shop. Lini ini akan berfungsi sebagai tempat perakitan modul baterai pada lini akhir produksi kendaraan listrik yang meliputi bemper depan, kaca, jok, serta jalur pemasangan kabel dan selang. kamar mesin Spesialis yang bekerja di lini ini memiliki pakaian yang dapat dikenakan untuk efisiensi, efektivitas, dan kenyamanan dalam proses perakitan, yaitu jalur pengisian bahan bakar dan oli. mengatur jarak antara komponen dan bidang atau gradien; pengkodean kunci mobil; serta kontrol kualitas.
Kendaraan yang telah dirakit secara lengkap kemudian akan melalui proses pengujian atau kendali mutu untuk mendiagnosis uji kelistrikan, kemudi, bahkan knalpot.
Mulai 1 Januari 2023, HMMI menggunakan 100% listrik dari sumber terbarukan yang tersertifikasi Sertifikat Energi Terbarukan (REC) PLN, sehingga setiap kendaraan diproduksi dengan listrik ramah lingkungan.
Selain itu, melalui integrasi teknologi ramah lingkungan dan konsep manufaktur cerdas, HMMI memastikan setiap kendaraan yang diproduksi memenuhi standar kualitas dan keselamatan global Hyundai untuk diekspor ke berbagai negara.
(Halaman selanjutnya: Pekerja perempuan masih dibutuhkan)
(riar/rgr)