Jakarta –
Firma riset Canalys merilis data pangsa pasar HP di Indonesia sepanjang kuartal I (Q1) tahun 2024. Oppo sukses menempati posisi teratas.
Bahkan pada Q4 2023, Oppo berada di peringkat kelima dengan pangsa pasar 16% dan pertumbuhan minus 41% YoY. Namun pada periode Januari hingga Maret, mereka berhasil bangkit menguasai 21% pangsa pasar.
Canalys mencatat Oppo mengalami peningkatan 15% dibandingkan tahun lalu. Hal ini berkat jajaran HP yang dirilis pada kuartal pertama tahun ini.
Reno 11 Series 5G menjadi salah satu produk Oppo yang paling bisa diandalkan. Ada tiga varian yang ditawarkan – Reno 11, Reno 11 Pro, dan Reno 11F, dibanderol antara Rp 4-8 jutaan.
Posisi kedua masih ditempati oleh Xiaomi. Pangsa pasarnya kini mencapai 19%, naik dari 18% pada Q4 2023. Canalys mencatat pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar 60%, dan dapat diasumsikan bahwa seri Redmi Note 13 berkontribusi signifikan terhadap prestasi ini.
Vivo saat ini menempati peringkat ketiga dengan pangsa pasar 17%. Kehadiran seri Vivo Y100 dan V30 memberikan peningkatan pertumbuhan YoY sebesar 28%.
Posisi keempat ada Transition dengan pangsa pasar 17%. Pertumbuhan year-on-year mencapai 232% berkat gencarnya produk baru dari Infinix, Tecno dan Itel, lebih banyak dibandingkan vendor lainnya.
Yang mengejutkan, posisi kelima ditempati oleh Samsung dengan pangsa pasar 17%. Kesuksesan seri Galaxy S24 dan A55 serta A35 tidak memberikan kontribusi banyak. Canalys melaporkan pertumbuhan tahunan minus 7% pada kuartal pertama tahun 2024.
Simak video “Sekilas Penampakan Oppo Watch X Resmi Meluncur di Indonesia” (afr/rns)