Jakarta –

Saat memesan tiket kereta api, penumpang biasanya memilih perjalanan langsung dari stasiun asal menuju stasiun tujuan. Namun hal ini menjadi masalah ketika tiket kereta api yang diinginkan sudah habis terjual atau kursi yang diinginkan tidak tersedia.

Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami masalah tersebut tidak perlu khawatir. Karena Anda tetap bisa melakukan perjalanan ke kota tujuan menggunakan fitur koneksi kereta api yang ada di aplikasi Access bi KAI.

Wakil Presiden Humas KPA Joni Martinus menjelaskan, kereta penghubung merupakan fitur dimana penumpang dapat menggunakan maksimal dua perjalanan kereta api berbeda dengan pelayanan transit minimal satu jam dan maksimal 24 jam.

Dengan cara ini, calon penumpang akan mendapatkan dua kode reservasi kereta untuk menuju stasiunnya. Oleh karena itu, yang berkepentingan dapat mengubah atau membatalkan jadwal salah satu perjalanan kereta api atau keduanya sekaligus.

Johnny dalam keterangan resminya mengatakan, “Jadi, ketika Anda sedang merencanakan perjalanan kereta api, jangan ragu untuk menggunakan fitur koneksi kereta di aplikasi Access bi KAI. Agar tidak ketinggalan tiket kereta api, kami meminta pelanggan untuk meminta membayar tiket terlebih dahulu.” Berikut cara menggunakan fitur Train Link di aplikasi KAI

1. Buka aplikasi Access bi KAI di perangkat apa pun

2. Masuk dengan akun terdaftar Anda

3. Pada halaman utama, pilih menu Jarak Jauh

4. Masukkan detail perjalanan seperti stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal dan jumlah penumpang.

5. Setelah itu klik tombol “Cari tiket antar kota”.

6. Jika tiket yang Anda cari tidak tersedia, Anda akan melihat tombol “Hubungkan Kereta” dan klik untuk melanjutkan pencarian.

7. Sistem kemudian akan mencari tiket kereta api yang masih tersedia untuk perjalanan ke kota tujuan yang diinginkan dengan menggunakan kereta api penghubung.

Jika kereta pertama terlambat dan disusul oleh kereta penghubung, pengguna fitur penghubung akan mempunyai pilihan sebagai berikut:

1. Jika keterlambatan melebihi tiga jam, tiket kereta api lanjutan dapat dibatalkan dan dikenakan biaya 100% dari harga tiket di luar biaya pemesanan (jika berlaku); atau

2. Apabila keterlambatan kurang dari tiga jam, harus memenuhi ketentuan dan tarif Kereta Penumpang (STP) pasal 13 ayat (6) yang menyatakan tiket dianggap hangus dan pajak penumpang tidak dikembalikan.

Selain fungsi koneksi kereta, melalui aplikasi Akses oleh KAI, calon penumpang dapat menambahkan layanan (ekstra) seperti asuransi, bagasi sepeda, dan layanan taksi Bluebird saat memesan tiket kereta api.

Meski menggunakan dua kereta, Anda tetap bisa menambahkan layanan tambahan pada masing-masing kereta. Namun perlu diketahui bahwa fitur koneksi kereta api di aplikasi Access bi KAI hanya berlaku untuk pencarian perjalanan kereta api antar kota. (fdl/fdl)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *