Jakarta –

Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan kepercayaan konsumen terhadap kondisi perekonomian pada Juli 2024 meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2024 sebesar 123,4, sedikit lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya sebesar 123,3.

Irwin Hariono, Asisten Gubernur BI-Kepala Departemen Komunikasi BI, mengatakan peningkatan keyakinan konsumen pada Juli 2024 disebabkan oleh membaiknya Indeks Kondisi Perekonomian Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK). IKE melaporkan peningkatan pada seluruh komponen penyusunnya.

“Peningkatan kepercayaan konsumen pada Juli 2024 disebabkan oleh meningkatnya kepercayaan konsumen terhadap kondisi perekonomian saat ini dan ekspektasi optimis terhadap kondisi perekonomian ke depan,” kata Irwin dalam keterangan tertulis, Kamis (8/8/2024).

Sementara itu, indeks kepercayaan konsumen masih kuat, terutama indeks prospek kerja yang stabil dan indeks ekspektasi pendapatan yang tinggi.

Pada Juli 2024, persepsi konsumen terhadap kondisi perekonomian saat ini mengalami peningkatan yang tercermin dari IKE Juli 2024 yang naik menjadi 113,5. Kenaikan IKE pada Juli 2024 didorong oleh kenaikan seluruh komponennya seperti indeks pendapatan saat ini, indeks ketersediaan lapangan kerja, dan indeks pembelian barang tahan lama.

“Kepercayaan konsumen terlihat optimis pada seluruh kategori pembelanjaan. Kenaikan IKK tertinggi dilaporkan pada responden yang membelanjakan Rp2,1-3 juta,” imbuhnya.

Ditinjau dari segi usia, kejadian IKK tertinggi terjadi pada kelompok umur 20–30 tahun. Secara spasial, survei konsumen (SK) IKK mengalami peningkatan di sebagian besar kota yang disurvei, terutama di kota Banjarmasin, Mataram, dan Padang.

Kemudian, ekspektasi lapangan kerja dan aktivitas dunia usaha juga menunjukkan optimisme masing-masing sebesar 131,7 dan 130,5. Pada Juli 2024, Irwin mengatakan ekspektasi konsumen terhadap pendapatan masa depan meningkat pada responden yang membelanjakan Rp 2,1 – 5 juta. Dari sisi usia, terjadi peningkatan indeks pada kelompok umur antara 20-30 tahun dan 41-50 tahun.

Diperkirakan konsumen akan melihat peningkatan ketersediaan kesempatan kerja di tingkat akademik, pascasarjana, dan pasca sarjana dalam enam bulan ke depan. (buah ara / buah ara)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *