Jakarta –
Saat membeli ban, banyak pengendara sepeda motor yang mempertimbangkan harganya. Selain itu, Anda juga harus mengetahui ban yang Anda beli berdasarkan kode yang ada di daftar.
Sekadar informasi, ban yang dijual di pasaran mempunyai kode tersendiri. Nah, kode pada skin tersebut terdiri dari kombinasi huruf dan angka.
Sayangnya, sebagian besar pengemudi tidak peduli dengan regulasi ban. Faktanya, kode ban dapat membantu Anda memilih ban yang tepat untuk sepeda motor Anda.
Lalu bagaimana cara membaca kode ban yang benar? Simak informasinya di artikel ini
Di laman Astra Honda terdapat dua jenis ban sepeda motor yaitu metrik dan imperial. Namun ban sepeda metrik lebih banyak beredar di pasaran. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas tentang cara membaca nomor ban sepeda motor yang benar.
Misalnya saja ada ban sepeda dengan kode 80/90-14 M/C 41P. Bagaimana cara menghitungnya? Nomor 80/90
Angka ’80’ di depan menunjukkan lebar ban dalam milimeter (mm). Saat ini angka ’90’ merupakan indikator perbandingan tinggi ban terhadap lebar yang sering disebut dengan aspek rasio.
Jadi, jika diameter ban 80 mm, maka hubungannya adalah 90% x 80 = 72 mm.2. Nomor 14
Berikutnya adalah angka ’14’ pada ban yang menandakan ukuran pelek dalam inci. Artinya sepeda motor yang Anda miliki menggunakan pelek berukuran 14 inci.3. Buku M/C
Setelah itu muncul huruf ‘M/C’ yang merupakan kode Majemuk Tengah. Hal ini menandakan bahwa ban sepeda yang digunakan adalah ban kompon medium.
Beberapa detailnya, ban adalah ban dan ban adalah ban, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit. kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit, kulit Anda kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit kulit komposit yang lembut dianggap memiliki cengkeraman yang baik tetapi bertahan lebih lama.
Saat ini ban kompon medium lebih banyak digunakan oleh masyarakat umum karena daya cengkeramnya lebih baik dan masa pakainya lebih lama dibandingkan ban lunak.
Saat ini, ban solid memiliki umur yang lebih panjang sehingga tidak cepat rusak. Namun ban tersebut kurang baik dalam menjaga suhu yang berubah secara signifikan, misalnya panas hingga hujan tiba-tiba. Ini adalah situasi dimana ban keras tidak memiliki cengkeraman yang baik 4. Buku 41P
Ban sepeda lainnya adalah ’41P’ yang memiliki arti berbeda. Angka 41 menunjukkan beban maksimum yang direkomendasikan dalam tabel beban.
Jika dikonversikan, angka 41 menandakan bahwa ban tersebut dirancang mampu menahan beban maksimal 150 kg.
Untuk lebih jelasnya lihat ban berikut : 62 : 265 Kg 64 : 285 Kg 68 : 335 Kg 73 : 3 : 387 Kg.80-89 : 450 – 580 Kg.90- 100 : 600 – 800 Kg.
Di belakang angka 41 terdapat huruf ‘P’ yang menandakan batas kecepatan maksimal sepeda motor sesuai tabel kecepatan. Jika dikonversikan, kode P menunjukkan bahwa ban tersebut dirancang untuk mencapai kecepatan maksimal 150 km/jam.
Untuk lebih spesifiknya lihat tabel kecepatan ban di bawah ini: P: 150 km/jam Q: 160 km/jam T: 190 km/jam. H: 210 km/jam.V: 240 km/jam.W: 270 km/jam.Y: 300 km/jam.Z: 340 km/jam.5. Tanda Status Terlarang
Usia ban juga harus Anda perhatikan pada kode produksi di samping ban sepeda. Kode terdiri dari 4 digit yang menunjukkan tahun dan minggu pembuatan.
Misalnya skin tersebut memiliki kode 0424. Artinya skin tersebut dibuat pada minggu keempat atau Januari 2024.
Ini adalah kunci pembacaan ban yang akurat. Semoga bisa membantu detikers! Tonton video “Meta Smart Glasses kini diupgrade agar lebih canggih” (ilf/fds)