Jakarta –

Perusahaan e-commerce terus memperkenalkan berbagai inovasi dan program teknologi untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mudah dan lancar dimanapun dan kapanpun masyarakat membutuhkan sesuatu, e-commerce dapat menjadi pilihan utama yang dapat mereka andalkan.

Selain itu, euforia dan antusiasme masyarakat terhadap belanja online semakin meningkat seiring dengan maraknya belanja akhir tahun. Sementara itu, kepuasan konsumen menjadi faktor penting yang harus dipersiapkan oleh perusahaan e-commerce untuk bersaing di masa genting ini.

Di sisi lain, konsumen juga berperan penting dalam membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan karena tidak mungkin tercipta transaksi jual beli yang menguntungkan antara pelaku usaha dan calon konsumen tanpa basis pengguna yang kuat.

Oleh karena itu, para pelaku e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan TikTok Shop akan terus menjalankan rangkaian kampanye dan penawaran menarik sepanjang tahun 2024. Ini adalah strategi mereka untuk menjaring pengguna baru.

Namun untuk memuaskan dan membangun pelanggan setia memerlukan pendekatan yang lebih holistik. Perusahaan e-commerce dituntut untuk mampu berinovasi sesuai dengan perilaku dan preferensi konsumen untuk memberikan pengalaman belanja online terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu.

Terdapat aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan e-commerce dalam memimpin kepuasan belanja online. Dalam pemaparan kali ini, Ipsos akan mendalami lebih dalam apa saja yang dianggap responden sebagai aspek terpenting dalam kepuasan belanja online. Selain itu, e-commerce mana yang memiliki penilaian yang benar dan benar? strategi yang konsisten.

Kami berharap hasil yang disajikan dapat membantu menyambut masyarakat dalam festival belanja online dan e-commerce tahun ini dengan pengalaman berbelanja terbaik secara keseluruhan.

Lalu platform e-commerce seperti apa yang dipilih masyarakat? Aspek apa saja yang turut mempengaruhi dan dianggap penting oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan belanja online?

Berdasarkan survei Ipsos bertajuk “Pengalaman Belanja Online dan Kepuasan di E-Commerce” pada Juni 2024, Shopee dinilai pengguna sebagai platform e-commerce paling memuaskan dalam hal memberikan pengalaman belanja online yang lengkap.

“Pemain e-commerce terlihat bersaing melalui inovasi teknologi dan perangkat lunak. Namun, masyarakat hanya akan mencari mereka yang dapat menciptakan rasa kepuasan dalam pengalaman belanja online pilihan konsumen Indonesia untuk belanja online yang lengkap dan terpercaya. Strategi ekosistem Shopee untuk memuaskan masyarakat Sebab, menunjukkan kesiapan mereka mengumpulkan volume besar pada periode festival belanja tahun ini,” kata CEO Ipsos Indonesia Andi Sukma dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/11/2024).

Berdasarkan penelitian tersebut, Shopee unggul dalam menawarkan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman belanja online. Keunggulan Shopee juga didukung oleh data, dengan Shopee (62%) menjadi pilihan pertama konsumen untuk merekomendasikan kepada kerabat dekat oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%) dan Lazada (36%). Indikator lainnya adalah: platform e-commerce yang memberikan keamanan dan kenyamanan saat berbelanja online

Keamanan dan kenyamanan menjadi salah satu aspek yang dianggap penting oleh responden saat berbelanja online, dan beragamnya layanan pengiriman yang dapat dipilih konsumen menjadi tolak ukur untuk menjamin rasa aman dan nyaman saat berbelanja.

Sedangkan untuk indeks jasa pengiriman, Shopee (66%) unggul dan dinilai sebagai e-commerce dengan layanan pengiriman terlengkap disusul Tokopedia (16%), Lazada (10%) dan TikTok Shop (7%). .

Keamanan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh sebuah platform e-commerce juga dinilai dari beragamnya metode pembayaran. Lebih dari separuh responden menilai Shopee sebagai platform e-commerce terbaik dengan metode pembayaran paling beragam. Diikuti oleh Tokopedia (15%). ), Lazada (11%) dan Toko TikTok (8%).

Ipsos juga menemukan pembayaran tunai di tempat (cash on delivery) semakin banyak digunakan dan paling banyak menarik perhatian responden, dengan Shopee (66%) juga menjadi metode pembayaran yang paling disukai, diikuti oleh Tokopedia dan Lazada dengan 12% dan TikTok Shop dengan 10% .

Survei Ipsos yang dilakukan pada awal Juni 2024 juga mengidentifikasi beberapa aspek lain yang menjadikan Shopee pemimpin dalam keamanan dan kenyamanan belanja online. Pengalaman berbelanja yang memuaskan tidak lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman serta proses pengembalian yang mudah.

Responden menilai Shopee (60%) sebagai aplikasi belanja online atau e-commerce teratas dalam hal kecepatan pengiriman, diikuti oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%).

Penemuan ini juga didukung oleh program On-Time Guarantee yang merupakan bentuk komitmen Shopee untuk menjamin jaminan waktu pengiriman bagi pengguna. Program ini paling familiar bagi 71% responden, jauh lebih tinggi dibandingkan program serupa di e-commerce lainnya platform seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%) dan TikTok Shop (27%).

Seiring berkembangnya teknologi dan mengubah preferensi belanja masyarakat, belanja langsung dan belanja video pendek menjadi semakin populer dan menambah nilai bagi pemain e-commerce.

Ipsos menemukan bahwa 63% responden menganggap Shopee sebagai salah satu situs e-commerce terbaik yang menawarkan layanan live streaming terbaik, diikuti oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). dalam indeks e-commerce untuk video pendek paling menarik, Shopee juga menduduki puncak dengan 61%, disusul TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). dari toko resmi

Masyarakat akan lebih puas ketika berbelanja melalui e-commerce yang memiliki produk dan kategori lengkap yang mampu menjawab berbagai kebutuhan yang diinginkan. Shopee juga menjadi yang terbaik dalam indikator ini, menawarkan toko resmi yang berbeda 68% lebih banyak dibandingkan pesaingnya, Tokopedia (15%), Lazada (9%) dan Toko TikTok (7%).

Platform e-commerce masih memiliki banyak peluang untuk berkembang guna meningkatkan kepuasan konsumen seiring dengan semakin berkembangnya tren belanja online. Selain itu, e-commerce masih menjadi tempat yang tepat untuk berinvestasi di pasar dan terus berkembang (acn/ego ).

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *