Jakarta –
Laju Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) bisa menjadi angin segar bagi pelaku industri UMKM. Dengan strategi yang tepat, para pelaku UMKM bisa meningkatkan penjualan dan meraih keuntungan lebih tinggi saat ini.
Sekretaris PT Permodalan Nasional Madani (PNM) L Dodot Patria Ary mengatakan Harbolnas menjadi titik balik dalam mendorong lebih banyak pelaku rumah tangga memasuki dunia digital dan berhasil mengembangkan usahanya. Menurutnya, UKM dapat dengan bijak memanfaatkan momentum ini untuk lebih berkontribusi terhadap kesejahteraan ekonomi keluarga dan komunitasnya.
PNM sebagai lembaga pembiayaan dan pendampingan bagi pengusaha ultra mikro di Indonesia juga berbagi tips bagi pelaku usaha kecil dan menengah agar bisa meraih keuntungan lebih besar saat Harbolnas. Simak tipsnya di bawah ini:
1. Optimalkan penggunaan media sosial Anda
Menurut Dodot, pelaku usaha kecil dan menengah harus aktif mempromosikan produknya di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Ketiga platform ini dinilai efektif meningkatkan jangkauan pelanggan selama Harbolnas.
“Buatlah konten yang menarik seperti video produk yang unik atau pengalaman belanja langsung untuk membangun interaksi dengan calon pembeli,” saran Dodot dalam keterangan tertulis, Senin (9 September 2024).
2. Hadir di berbagai e-commerce
Selain media sosial, kata Dodot, pelaku UKM juga bisa memanfaatkan e-commerce untuk menjangkau pembeli yang lebih luas. Apalagi e-commerce menawarkan berbagai fitur belanja. Namun pastikan UMKM menuliskan gambar dan deskripsi produk secara lengkap sehingga mudah dipahami
3. Tingkatkan pengalaman berbelanja Anda
Ia juga mengingatkan usaha kecil dan menengah akan perlunya memastikan pelayanan yang baik dan pengiriman tepat waktu. Pelaku UMKM juga perlu membangun komunikasi yang responsif dan persuasif.
“Pengalaman baik yang dirasakan pembeli dapat mendorong mereka untuk membeli lagi, yang tentunya berdampak pada pendapatan,” ujarnya.
4. Pastikan kualitas dan inventaris produk memadai
Selain itu, Dodot berpesan kepada pelaku usaha kecil dan menengah untuk selalu menyiapkan stok produk yang cukup dan menjamin kualitas produk yang baik. Ingatlah bahwa usaha kecil dan menengah juga perlu rutin memeriksa persediaan dan segera mengisi kembali produk yang laris manis.
“Anda juga bisa meminta bantuan tetangga sekitar untuk membantu menyiapkan produk agar tidak kehabisan stok di tengah ramainya pembeli saat libur nasional,” kata Dodot.
5. Gunakan promosi dengan hati-hati
Ia mengatakan, kunci utama Harbolness adalah diskon dan promosi besar-besaran. Oleh karena itu, UKM dapat memberikan penawaran menarik seperti diskon, membeli satu produk dan mendapatkan produk lainnya secara gratis atau menggabungkan paket. Namun tentunya Anda juga perlu memperhatikan perhitungan margin keuntungan Anda agar tidak mengalami kerugian. (ACD/EGA)