Jakarta –

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berinovasi dengan Nmax terbaru yang punya sensasi turbo. Latar belakang lahirnya sepeda motor ini adalah mesinnya tetap bisa kencang tanpa perlu perombakan mesin secara besar-besaran.

Dionysius Betti, Presiden Direktur dan CEO PT YIMM, mengatakan inspirasi “Turbo” datang dari Play Station. Dion menuturkan bagaimana membangun motor Nmax dengan kombinasi kenyamanan, posisi berkendara dan menjaga efisiensi bahan bakar, namun performanya bisa lebih baik.

“Kita harus memikirkan bagaimana caranya agar mesin bisa lebih cepat atau lebih lambat,” kata Dion baru-baru ini di Jakarta.

“Mesin Nmax terkenal dengan riding position yang sangat nyaman, itu akan kami pertahankan,” imbuhnya.

Ia mengatakan ide Turbo berasal dari game balap di Play Station. “Kalau saya balap motor, saya bukan pembalap, tapi saya bermain di Play Station,” candanya.

“Kalau lagi balapan, ada tombol Turbo, tinggal ngebut. Dari situlah kita terpikir kalau kita bisa membuat mesin yang punya Turbo, artinya tidak harus cc besar, tapi kalau perlu, tekan Turbo dan yang lainnya akan jalan.” , – jelasnya.

Alhasil, Nmax Turbo mengacu pada hadirnya teknologi terbaru Yamaha Electric Continuously Variable Transmision (YECVT) yang memberikan pengalaman berkendara nyaman bernuansa Turbo.

Nmax Turbo memiliki fitur Riding Mode yang menawarkan 2 mode berkendara yaitu T-Mode (City Touring) dan S-Mode (Sports Touring) yang dapat dikontrol melalui tombol ‘Mode’ di bagian depan stang kiri.

T-Mode dikatakan cocok untuk perjalanan sehari-hari di kota karena karakter berkendaranya lebih mulus dan irit. Sedangkan S-Mode cocok untuk penggunaan jarak jauh seperti road trip karena menawarkan akselerasi lebih cepat saat berkendara.

Selain itu, sepeda motor ini juga memiliki fungsi Y-Shift yang mampu memberikan pengalaman berkendara berbeda karena fungsinya membantu pengendara untuk berakselerasi seketika layaknya turbo dengan 3 level yaitu rendah (1), sedang (2) dan tinggi ( 3). ) sehingga cocok untuk bekerja saat ingin menyalip mobil di depan, di tanjakan atau saat berkendara tandem. Tak hanya saat berakselerasi, Y-Shift bisa digunakan untuk memperlambat sepeda motor di jalan menurun maupun saat menikung (belok).

“Kalau kita jelajah saat mau ngebut, sering kali tenaganya kurang. Bagaimana caranya agar tenaga mesin turbo bisa lebih cepat,” kata Dion.

“Kali ketiga naik tanjakan tinggi, tenaganya mati, tinggal injak turbo Jesse… mati. Kayaknya ide Play Station itu kita pakai di mesin barunya. Itulah yang melatarbelakangi lahirnya Nmax. Turbonya,” jelasnya lagi.

Mesin Nmax ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3kW/8000rpm dan torsi puncak 14,2Nm/6500rpm. Sedangkan Yamaha Nmax generasi sebelumnya mampu menghasilkan tenaga maksimal 11,3kW/8000rpm dan torsi maksimal 13,9Nm/6500rpm. Torsinya meningkat sekitar 0,3 Nm.

Berdasarkan pengujian internal Yamaha, fitur turbo ini mampu berakselerasi dari nol hingga 100 meter dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya membutuhkan waktu 7,43 detik.

Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat hingga menempuh jarak 200 meter dibandingkan Nmax generasi sebelumnya, dengan selisih jarak 9,2 meter.

Kemudian pengujian dimulai menanjak dengan kemiringan 10 derajat dengan jarak 150 meter. Nmax Turbo mampu mencapai 11,73 detik sedangkan Nmax generasi sebelumnya membutuhkan waktu 12,33 detik. Tonton video “Perbedaan Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Lama: Beli Baru atau Tunggu Saja?” (riar/rgr)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *