Jakarta-

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan Indonesia memiliki keanekaragaman hayati laut yang bernilai tinggi. Diperkirakan nilai produksi ikan tuna, cakalang, dan tuna saja mencapai Rp 39 triliun pada tahun 2023.

“Indonesia memiliki keanekaragaman hayati laut yang memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti total nilai produksi ikan tuna, cakalang, dan tuna yang mencapai Rp 39 triliun pada tahun 2023,” kata Ma’ruf Amin saat meluncurkan Strategi dan Rencana Aksi Pengelolaan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Strategy and Plan). Indonesia Biodiversity Action/IBSAP) 2025-2045, Kamis (8/8/2024).

Ma’ruf Amin menghimbau agar potensi yang sangat besar ini dikelola dan dimanfaatkan dengan prinsip terukur dan ramah lingkungan. Hal ini karena keanekaragaman hayati sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia

“Dengan demikian, keanekaragaman hayati Indonesia tidak hanya dapat mendukung ketahanan pangan dan energi, tetapi juga menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru melalui pengembangan ekonomi hijau dan biru,” ujarnya.

Sebagai negara dengan kekayaan alam dan kelautan yang melimpah, Indonesia disebut-sebut sebagai negara dengan keanekaragaman hayati paling tinggi di dunia, dengan 22 jenis ekosistem alam yang tersebar di 7 ekologi yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Indonesia juga diakui sebagai salah satu negara dengan jumlah spesies burung, mamalia, dan reptil endemik terbesar di dunia.

Ironisnya, krisis keanekaragaman hayati sudah di depan mata dan menjadi ancaman bagi semua orang. Dengan diluncurkannya IBSAP 2025-2045 diharapkan dapat menjadi panduan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam menjaga keanekaragaman hayati di Indonesia.

Melalui IBSAP 2025-2045, seluruh pihak diajak untuk berpartisipasi dalam konservasi keanekaragaman hayati dengan memantau dan mengelola berbagai upaya konservasi lingkungan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

“Dampak krisis ini harus segera ditangani secara komprehensif dan progresif agar sumber pangan kita dan generasi mendatang tetap tersedia dan membantu percepatan pembangunan,” kata Ma’ruf Amin. (bantuan/rd)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *